Berita Kemenag :  Menteri Agama Fachrul Razi direncanakan akan melaunching program ‘Gerakan Madrasah Semangat Berhitung’ pada akhir November 2020.

“Mari kita galakkan ‘Gerakan Madrasah Semangat Berhitung,” kata Menag saat menerima pakar pendidikan dan fisikawan Yohanes Surya, di Jakarta, Kamis (19/11).

Gerakan Madrasah Semangat Berhitung ini merupakan kerjasama Indonesia-Uni Emirat Arab. Tujuannya, memajukan pendidikan Madrasah, khususnya pada bidang pendidikan matematika.

“Kerjasama enam bulan pertama ini harus kita ambil dan lakukan secara maksimal. Menjadi pemicu bagi siswa madrasah khusus bidang studi matematika,” kata Menag.

Menag berharap, Ditjen Pendis bisa merespon ini secara cepat dan efektif. "Madrasah harus lebih baik. Kita upayakan minimal supaya sejajar dengan sekolah umum. Mari semangat berhitung,” tambah Menag.

Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan, program kerjasama Indonesia-Uni Emirat Arab ini akan dimanfaatkan secara maksimal untuk madrasah, khususnya pada pendidikan matematika. Sebagai langkah awal, semua konten untuk video pembelajaran matematika sudah disiapkan.

“Untuk rekaman, konten kita suda ada. Kita siap running di tahun depan. Kita lakukan secara massif,” kata Dirjen Pendis.

Direktur KSKK Madrasah Ahmad Umar juga menyampaikan bahwa program-program untuk pengembangan madrasah sudah disiapkan secara baik. Terlebih bantuan-bantuan yang ada dimanfaatkan secara maksimal.

“Kita tetap mengambil program World Bank, untuk program madrasah swasta. Dan untuk program madrasah negeri, kita bantu melalui dana BOS,” kata Umar.

 

Sumber : kemenag.go.id