Ada Bantuan 1 Juta  dari Pemerintah untuk Pelaku Budaya, Coba Cek !!!

Berita Kemdikbud : Pemerintah melalui Kemendikbud memberikan bantuan pada pelaku budaya yang terdampak Covid-19.

Program bantuan ini bernama Program Bantuan Apresiasi Pelaku Budaya (APB).

Program yang memberikan uang sejumlah 1 juta rupiah ini sudah masuk penyaluran tahap II.

Tapi tenang saja, berdasar informasi dari website resmi Kemendikbud,  program bantuan diperpanjang hingga 25 November 2020.

Para calon penerima Program Bantuan Apresiasi Pelaku Budaya (APB), bisa langsung mengunjungi https://apb.kemdikbud.go.id/ .

 

Informasi yang Harus Dipahami Calon Penerima Program Bantuan Apresiasi Pelaku Budaya (APB).

Di mana saya bisa mengakses Petunjuk Teknis PLP2B (Pemberian Layanan Pelindungan Pelaku Budaya) atau Apresiasi Pelaku Budaya (APB) ?

Silahkan mengunduh Petunjuk Teknis PLP2B atau APB di sini.

 

Saya sudah mendapatkan bantuan Tahap I, apakah mendapatkan bantuan lagi di tahap II?

Kegiatan Apresiasi Pelaku Budaya ini dilakukan secara bertahap untuk menggapai seluas mungkin para Pelaku Budaya. Tahap II ditujukan untuk Pelaku Budaya yang belum mendapatkan bantuan di tahap I. Pelaku Budaya yang sudah mendapatkan bantuan di tahap I, tidak bisa lagi mengikuti bantuan tahap II. Bagi Anda yang terdaftar pada Tahap II, silahkan sempurnakan data anda pada menu Masuk.

 

Mengapa NIK (Nomor Induk Kependudukan) saya masuk ke dalam kategori penerima bantuan Prioritas I? Kapankah penyaluran bantuannya untuk Prioritas I dilaksanakan?

Penerima layanan Prioritas I meliputi para pelaku budaya yang termasuk dalam pengelompokan kriteria berikut ini:

·         Pelaku budaya yang bersangkutan tidak memiliki mata pencarian lain selain kegiatan bidang kebudayaan yang terhenti total akibat wabah COVID-19 atau berkurang secara signifikan akibat wabah COVID-19;

·         Pelaku budaya yang memiliki penghasilan perbulannya paling besar lima juta rupiah sebelum wabah COVID-19 terjadi; dan


·         Pelaku budaya yang sudah berkeluarga serta memiliki penghasilan perbulan antara lima sampai sepuluh juta rupiah sebelum wabah COVID-19 terjadi.

Penerima layanan Prioritas I terlebih dahulu mesti melengkapi data diri untuk mendapat bantuan pada periode Mei – Juni. Setelah berkas lengkap dan diverifikasi oleh pihak Panitia PLP2B, bantuan akan segera disalurkan kepada pribadi Pelaku Budaya yang bersangkutan.

 

Mengapa NIK saya masuk ke dalam kategori penerima bantuan Prioritas II? Kapankah penyaluran bantuan untuk Prioritas II?

Penerima yang masuk dalam kategori Prioritas II meliputi para pelaku budaya yang termasuk dalam pengelompokan kriteria sebagai berikut:

·         Pelaku budaya yang belum atau tidak berkeluarga serta memiliki penghasilan perbulan antara lima sampai sepuluh juta rupiah sebelum wabah COVID-19 berlangsung; dan

·         Pelaku budaya yang memiliki penghasilan perbulan di atas sepuluh juta rupiah sebelum wabah COVID-19 berlangsung.

·         Pengelompokan tersebut berdasarkan data yang telah Anda berikan saat pendataan periode 3 - 8 April 2020.

Penerima layanan Prioritas II akan diundang untuk melengkapi data diri melalui laman ini bulan september 2020, dengan mendapatkan bantuan pada periode II setelah berkas lengkap dan diverifikasi oleh Panitia PLP2B.

 

Berapakah besar bantuan yang saya terima?

Setelah semua proses selesai, berkas lengkap dan sudah diverifikasi oleh Panitia PLP2B, dana bantuan sebesar Rp1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) akan masuk ke dalam rekening Anda yang terdaftar dalam kurun waktu selambat-lambatnya 2 (dua) minggu. Pajak berkaitan dengan bantuan ini ditanggung oleh Pemerintah.

 

Apakah ada berkas yang harus disiapkan untuk dapat melakukan pengisian data di situs ini?

Siapkan berkas untuk kelengkapan data berupa:


·         File digital foto KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku;

·         File digital foto NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) untuk Anda yang telah memiliki NPWP;

·         File digital foto Buku Rekening Bank yang masih aktif (foto pada lembar yang mencantumkan Nama Pemilik Rekening dan Nomor Rekening Bank);

·         Bukti Karya Pelaku Budaya (menampilkan diri/wajah apabila seni pertunjukan); dan;

·         File digital foto Buku Rekening Bank setelah dana masuk (mutasi/bukti transfer masuk).

 

Bagaimana dan kapan saya harus ke bank untuk mengambil pencairan dana?

Rencana Penjadwalan:

·         Pengumuman Pembukaan : 05 Oktober 2020

·         Unggah Karya dan Dokumen : 05 Oktober 2020 - 15 November 2020

·         Verifikasi Karya dan Dokumen : 15 Oktober 2020 - 30 November 2020

·         Penarikan Data Calon Penerima: 01 - 30 November 2020

·         Pencairan Dana : 05 November 2020 - 14 Desember 2020 (Pelaku Budaya bisa mengambil dana ke Bank yang sudah dipilih)

·         Perbaikan Data Retur Bank : 10 November 2020 - 10 Desember 2020

Tahap pengambailan dana bantuan dapat pelaku budaya lakukan setelah pemberitahuan pencairan yang akan diinformasikan secara berkala pada laman https://kebudayaan.kemdikbud.go.id atau Akun Instagram @bina_budaya atau @budaya_saya atau Informasi Pemberitahuan melalui SMS/Aplikasi Whatsapp pada nomor telepon seluler pelaku budaya.

 

Setelah dana masuk apa yang harus saya lakukan?

Ada dua tahap yang harus dilakukan untuk melengkapi pertanggungjawaban penerimaan bantuan Anda. Yaitu, pertama, melakukan unggah foto bukti Buku Rekening (bukti transaksi setoran masuk/mutasi) dan, kedua atau terakhir, mengisi kuesioner/survey evaluasi program layanan.