Kumpulan Kata Kata Bijak dari Pemikiran Azyumardi Azra


Kata Kata dari Pemikiran Azyumardi Azra


Kata Kata Azyumardi Azra : Azyumardi Azra adalah salah satu pemikir besar Muslim dari Indonesia abad ini. Banyak sekali kata kata dari pemikirannya dijadikan sebagai landasan teori sebuah pemikiran besar lainnya.

Di bawah ini, klik kata kumpulkan kata kata dari pemikiran Azyumardi Azra ..  

Selamat membaca semoga bermanfaat ...

Kata Kata dari Pemikiran Azyumardi Azra

Islam Indonesia itu Islam Fleksibel, Islam yg tak pernah jadi identitas politik, dari dulu sampai sekarang.

NKRI dengan Pancasila sebagai dasar sudah berurat berakar sebagai entitas politik yang sesuai dengan bangsa Indonesia yang majemuk.

Meski isu SARA terus dieksploitasi kalangan elite politik dan elite agama, politik identitas tak pernah efektif dalam politik Indonesia.

Di Minang, Islam Nusantara itu adalah "Adat basandi Syarak, Syarak basandi Kitabullah'. Adat adalah lokal genius. Islam datang dan menyebar melalui proses vernakularisasi dan indigenisasi (adat itu indigenous Minang).

Islam Nusantara adalah Islam distingtif sebagai hasil interaksi, kontekstualisasi, indigenisasi, dan vernakularisasi Islam universal dengan realitas sosial, budaya, dan agama di Indonesia. Ortodoksi Islam Nusantara (kalam Asy’ari, fiqih mazhab Syafi’i, dan tasawuf Ghazali) menumbuhkan karakter wasathiyah yang moderat dan toleran. Islam Nusantara yang kaya akan warisan Islam (Islamic Legacy) menjadi harapan renaisans peradaban Islam global.

Kalau ada orang yang mengatakan hijrah artinya pergi ke wilayah ISIS atau wilayah lain seperti Boko Haram di Nigeria, itu tidak benar. “Hijrah itu untuk tujuan perdamaian, kebaikan, perbaikan kehidupan”.





Loading...