Kata Kata Ulama : Kumpulan Nasehat Bijak dari Ulama Seluruh Dunia


Kalam Syaikh Muhammad Sayyid Thanthawi (1928-2010 M) 

“Ketahuilah bahwa di antara hikmah Allah adalah Ia telah menghendaki agar manusia berada dalam keadaan yang berbeda-beda, dan ketahuilah bahwa rahmat Allah yang luas akan meliputi mereka selama perbedaan itu bertujuan untuk mendapatkan kebenaran.”


Kalam Syaikh Usamah Sayyid al-Azhari

#Sesungguhnya ikatan dan hubungan erat antara kami para guru dengan kalian para murid adalah ikatan kecintaan yang sangat besar terhadap ilmu dan beban amanat agama yang sedang kita pikul bersama.

Kedua ikatan inilah yang telah membuat kalian meninggalkan Negara kalian, karenanya kalian masuk ke negeri ini, dan karenanya kita mengunjungi tempat yang diberkahi ini.

Itulah tujuan utama yang membuat kami para guru berkhutbah, kami mengajar dan kami menulis. Tujuan yang membuat kalian lelah, cape, kalian diuji, berusaha, kalian membaca, menghafal dan belajar.

Semua itu tidak ada apa-apanya, karena kita memiliki ikatan yang kuat dengan ilmu yang merupakan anugerah terbesar di alam semesta.”

* disarikan dari acara silaturahmi di masjid Fadhil, 6th October. Jum`at 20 September 2013.

#”Sesungguhnya warisan Nabi yang mulia (ilmu) tidak pantas didapatkan kecuali oleh orang yang mencintai warisan itu , orang yang hatinya terkait kepadanya, orang yang mau bersusah payang demi mendapatkannya, dan orang yang mau melangkah di jalannya, kemudian dia hidup dan berbaur dengannya.

Barang siapa yang tahu akan kemuliaan apa yang sedang dia cari, maka berusaha keras akan terasa ringan baginya.”

#”Ketahuilah bahwa setiap nafasmu adalah seperti langkah kakimu, jika tidak kamu langkahkah ke jalan Allah maka dirimu akan tertinggal dari rombongan orang-orang shaleh.”

#Dalam suatu masalah, ketika terdapat di sana beberapa dalil-dalil yang berkaitan dengannya, lalu seseorang hanya mengambil satu dalil (satu ayat) saja, tanpa memperhatikan dalil-dalil yang lain. Maka dalil (satu ayat) tersebut, bagaikan ikan yang dikeluarkan dari air. Mati.


Kalam Dr. Majdi Asyur

#”Jika air adalah pelipur dahaga bagi raga, maka rasa cinta adalah pelipur dahaga bagi jiwa. Bahkan cinta adalah rahasia dari segala yang ada di alam semesta, cinta juga adalah jalan terdekat untuk bertemu dengan Allah.”

(Dan orang beriman amat sangat cinta kepada Allah) al-Baqarah 165.

#Cinta Sejati

Begitulah cinta, dihiasi air mata ketika berpisah dan bertemu. Jika sebuah cinta bersih dari rasa iri dan dengki maka cinta itu bisa menghapuskan dosa, menghilangkan keras di hati dan juga bisa menghilangkan aib. Oleh sebab itu, cinta sejati akan kamu temui ketika kamu mencintai Rasulullah Saw.


Kalam Syaikh Ied Abdul Hamid Isa

Manusia haruslah beramal dan bekerja. Jangan duduk saja. Jangan takut salah, karena kesalahan akan dihapus dengan istighfar.

Jangan menunda diri dari berbuat baik. Berbuatlah sebelum ajal menjemput. Manusia yang tidak beramal akan menyesal kelak di akhirat dan minta dikembalikan ke dunia fana.

Setiap kesusahan yang menimpa kita insya Allah melebur dosa-dosa kita. Bahkan, jika kita tertusuk duri di kaki, insya Allah dosa kita akan terkurangi.

Barangsiapa serius dalam beramal akhirat, maka Allah akan memudahkan urusan dunianya.

-Disarikan dari nasehat Syaikh Ied Abdul Hamid Isa, imam dan khatib masjid al-Azhar dalam ceramah lima menit setelah shalat jamaah.


Kalam Syeikh Yusuf al-Qaradhawi

#”Ilmu adalah harta karun, dan bertanya adalah kuncinya.”

#”Dakwah yang terbaik adalah dengan mengumpulkan berbagai macam metode dakwah yang ada;

– Menggunakan semangat spiritual kaum sufi.

– Berpegang teguh pada nash-nash seperti kaum Atsari.

– Mengeksplorasi akal sebagaimana kaum mutakalim.

– Menggunakan nalar ilmiah seorang ahli fikih.

Kemudian dari setiap metode tersebut diambil yang terbaik untuk kemudian dikombinasikan satu dengan yang lainnya.”


Kalam Syaikh Yusri Rusydi

#Zaman fitnah adalah sebuah zaman di mana kebenaran dan kebatilan tercampuraduk dan tidak bisa dibedakan; zaman ketika orang jujur tidak dipercaya dan pembohong justru dibenarkan. Jika seseorang bermaksud memadamkan api fitnah itu, yang terjadi justru fitnah itu semakin besar.

Langkah seorang muslim yang baik dalam menyikapi zaman fitnah adalah fokus dalam pekerjaannya dan tidak banyak komentar terhadap sesuatu yang bukan bidangnya.

#Tasawwuf itu melepaskan diri dari setiap akhlak tercela dan menghiasi diri dengan akhlak-akhlak terpuji. Maka setelah kamu berhias diri dengan akhlak tersebut, Allah Subhanahu wa ta’ala akan ‘tajalli’, menampakkan pada dirimu dengan segala kesempurnaan dan keutamaan-Nya; pada pendengaran, penghlingatan, tangan dan kakimu.

Dengan begitu kamu akan menjadi seorang hamba yang rabbani. Jika kamu memohon perlindungan pada Allah, Dia akan melindungimu, jika kamu meminta pada Allah, Dia akan memberimu, jika kamu bergerak di alam ini, alam akan bergerak untukmu, dan jika kamu memberi isyarat kepada alam, ia akan tunduk kepadamu.

#Hakikat tawakkal adalah melakukan perbuatan berdasarkan hubungan kausalitas (sabab-akibat) sebagai ‘taabbudan’ (beribadah) kepada Allah. Hal itu seperti seekor burung yang terbang pada pagi hari dengan perut kosong, dan pulang sore dengan perut kenyang. Burung-burung itu tidak tinggal diam saja di sarangnya, melainkan terbang untuk mencari rejeki.

#Sifat seorang muslim adalah bahwa orang lain bisa selamat dari lidahnya. Akhir hidup adalah hal yang paling penting, sehingga janganlah sampai suudzon dan menghibah orang yang berbuat maksiat. Karena bisa jadi orang yang dighibah itu bertobat di akhirnya, dan mendapatkan khusnul khatimah.

Sifat yang sekarang jarang dimiliki oleh seorang muslim adalah melupakan kesalahan orang lain. Contohlah Imam Syafii. Beliau sebelum wafat memaafkan semua orang yang berbuat salah kepadanya, supaya beliau tidak menghambat seorang mukmin di Hari Pembalasan, dan juga tidak menyakiti Nabi Muhammad pada umatnya.

#”Lelaki yang sempurna adalah yang dominan akalnya, sementara perempuan yang sempurna adalah yang dominan perasaannya.”


Kalam Syekh Mutawali al-Sya’rawi (1911-1998)

#Harta yang haram bukanlah kekayaan dan kenikmatan dunia, karena dia mencerabut kebahagiaan dan rasa aman dari jiwa.

Harta yang haram hanya akan menjadi hutang sampai kiamat untuk dikembalikan kepada pemilik yang sesungguhnya.

#Manusia harus tahu bahwa apa yang Allah ambil pasti ada hikmahnya, dan apa yang Allah sisakan pasti karena kasih-Nya….

Janganlah sekali-kali seorang mukmin menyia-nyiakan antara hikmah dan kasih sayang Rabbnya.

#Sesungguhnya agama itu merupakan hubungan antara ‘perkataan yang diucapkan’ dengan ‘perbuatan yang dikerjakan’.

Maka jika terpisah antara perkataanmu dengan perbuatanmu, rusaklah dakwah Islam.


Kalam Syekh Ramadhan al-Bouti (1929-2013)

#Ulama rabbani akan senantiasa berbicara tentang pentingnya ikhlas dalam setiap amal. Mereka akan menegaskan bahwasanya ikhlas adalah ruh yang harus berjalan dengan semua amal taqarrub kepada Allah. Jika ruh ini tidak ada, maka ibadah akan menjadi seperti hantu yang tak bernilai dan seperti puing-puing bangunan yang tak berharga.

#Jika datang kepadamu hari yang baru, ucapkanlah kepadanya “Selamat datang ‘tamu’ yang mulia.”

Kemudian muliakanlah tamu itu dengan ibadah fardu yang ditunaikan, kewajiban yang dikerjakan dan taubat yang selalu diawalkan.

Janganlah kau kotori tamumu itu dengan dosa-dosa, baik dosa besar maupun biasa. Karena jika seperti itu, dirimu akan merasakan sesal di hati, karena tamumu tak akan pernah kembali.


Kalam Syeikh Ahmad Yakhluf

Saya gembira dengan toleransi, paham Islam yang dalam, dakwah dengan kebijaksanaan dan nasihat yang baik dari ulama Indonesia, dan pesantren yang menggambarkan tawasuth, Dia menunjukkan identitas Islam dengan penuh akhlak yang mulia. 


Kalam Syekh yusuf Muhyiddin Al Hasani

  • Barang siapa menyerahkan urusannya kepada Allah s.w.t. (tawakkal) di awal suluknya, kemudian Allah s.w.t. akan memuliakannya di akhir suluknya.
  • Barang siapa yang awalnya menyala atau berkobar, maka ujungnya akan terang benderang.
  • Awal menunjukkan akhir.
  • Kejujuran kepada Allah s.w.t. adalah jalan yang paling dekat dengan Allah s.w.t..
  • Kelalaian adalah pintu segala kesalahan dan nafsu adalah pintu segala kehinaan.
  • Seorang murid sejati bukanlah orang yang menghubungkan gurunya dengan gurunya, tetapi murid yang benar adalah, orang yang menghubungkan gurunya dengannya.
  • Sesungguhnya jika aku mati dalam keadaan jujur ​​(karena membela kebenaran) itu lebih baik daripada aku hidup dalam keadaan penuh tipu daya.
  • Jangan mengandalkan ibadah, karena ketergantungan tidak bisa kecuali hanya kepada Allah s.w.t..
  • Betapa banyak kesenangan yang berujung pada penyesalan dan seberapa banyak tangisan yang berujung pada kebahagiaan.




NO

NAMA

KETERANGAN

1

Modul Ajar Matematika SMA Kelas 10

Download

2

Modul Ajar Matematika SMA Kelas 11

Download

3

Modul Ajar Matematika SMA Kelas 12

Download

4

Modul Ajar Sosiologi SMA Kelas 10

Download

5

Modul Ajar Sosiologi SMA Kelas 11

Download

6

Modul Ajar Sosiologi SMA Kelas 12

Download

7

Modul Ajar Sejarah SMA Kelas 10

Download

8

Modul Ajar Sejarah SMA Kelas 11

Download

9

Modul Ajar Sejarah SMA Kelas 12

Download

10

Modul Ajar Geografi SMA Kelas 10

Download

11

Modul Ajar Geografi SMA Kelas 11

Download

12

Modul Ajar Geografi SMA Kelas 12

Download

13

Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas 10

Download

14

Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas 11

Download

15

Modul Ajar Ekonomi SMA Kelas 12

Download

16

Modul Ajar Antropologi SMA Kelas 10

Download

17

Modul Ajar Antropologi SMA Kelas 11

Download

18

Modul Ajar Antropologi SMA Kelas 12

Download

19

Modul Ajar Kimia SMA Kelas 10

Download

20

Modul Ajar Kimia SMA Kelas 11

Download

21

Modul Ajar Kimia SMA Kelas 12

Download

22

Modul Ajar Fisika SMA Kelas 10

Download

23

Modul Ajar Fisika SMA Kelas 11

Download

24

Modul Ajar Fisika SMA Kelas 12

Download

25

Modul Ajar Biologi SMA Kelas 10

Download

26

Modul Ajar Biologi SMA Kelas 11

Download

27

Modul Ajar Biologi SMA Kelas 12

Download

28

Modul Ajar Informatika SMA Kelas 10

Download

29

Modul Ajar Informatika SMA Kelas 11

Download

30

Modul Ajar Informatika SMA Kelas 12

Download

31

Modul Ajar Bahasa Inggris SMA Kelas 10

Download

32

Modul Ajar Bahasa Inggris SMA Kelas 11

Download

33

Modul Ajar Bahasa Inggris SMA Kelas 12

Download

34

Modul Ajar Bahasa Indonesia SMA Kelas 10

Download

35

Modul Ajar Bahasa Indonesia SMA Kelas 11

Download

36

Modul Ajar Bahasa Indonesia SMA Kelas 12

Download