Kumpulan Kata Kata Nasehat Bijak Ulama Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka



Kata Kata Nasehat Bijak Ulama dan Habib Wilayah III Cirebon : Wilayah III Cirebon adalah salah satu daerah di Jawa Barat dengan jumlah ulama atau kyai yang sangat banyak. Ini semua tidak lepas dari kaderisasi ulama di pondok pesantren, majlis maulid nabi, dan majelis ta’lim berjalan sangat baik.

Dari beliau-beliau semua, berlahiran nasehat, kata kata bijak, dan kata kata mutiara. Semuanya sebagai batu pondasi umat Islam di Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majelangka, dalam menjalani kehidupan.   

Karena hal di atas, dengan niatan mengharap berkah dari Allah SWT, klikkata kemudian mengumpulkan kata kata bijak dan nasehat dari beliau semua, agar pembaca klikkata juga mendapatkan manfaatnya. 



Nasehat KH. Abdullah Abbas

Belum Tentu sholatmu, puasamu, hajimu yang membuatmu masuk surga. Bisa jadi, dengan ngeladeni wong cilik yang akan mengantarmu ke surga

Nasehat Habib Muhammad bin Yahya (Kang Ayip Muh)

Seorang muslim harus bisa melihat di balik apa yang terlihat dan mendengar di balik apa yang didengar.

Sikapilah hidup apa adanya, Apa hebatnya hidup apabila masih berorientasi pada PENGAKUAN MANUSIA?

Nasehat KH. Masduqi Ali

Santri ora mesti dadi kiai kabeh, sing penting apa bae penggaweane, ilmu lan uripe akeh manfaate kanggo wong akeh.

Nasehat KH. Muhammad Sanusi

Orang yang sedang mencari ilmu, apabila ingin mendapatkan ilmu yang bermanfaat, harus menjalani aturan-aturannya, supaya mendapat ridla dari Allah SWT. Serta mendapat do’a dan berkah dari Ulama Shalihin, untuk itu harus “wekel ngaji lan jama’ah”. Bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu supaya cepat pandai. Tekun berjama’ah supaya benar kelakuannya (dua perintah).

Larangan-larangan orang yang sedang mencari ilmu: 1. Aja olok jajan (jangan boros jajan), 2. Aja doyan turu (jangan banyak tidur), 3. Aja lok plesiran (jangan suka rekreasi), 4. Aja sok nonton (jangan suka nonton), 5. Aja lok melu bal (jangan suka ikut maen bola), 6. Aja lok jambulan lan tinggal topong (jangan memelihara rambut dan menanggalkan kopiah), 7. Aja lok ngenggo serowal pokek (jangan suka memakai celana pendek), 8. Aja sering balik (jangan sering pulang), 9. Aja ngalih/boyong yen durung pinter (jangan pindah/pulang sebelum pandai).

Nasehat KH. Fuad Hasyim

Sabar tawakkal dan istiqomah, kalau menghadepi segala macam problema.

Bergurulah dengan orang-orag berilmu dan yang berkemauan keras untuk mencarinya. Dan jauhilah orang-orang yang hanya mebanggakan Nasabnya, karena pada umumnya mereka tidak ada minat sekalipun untuk mencari ilmu. 


Nasehat KH. Nahduddin Royandi Abbas

Dunia itu luas dan kamu bisa mengambil tempat dimanapun kamu mau.

Bacalah lebih dari yang diwajibkan !

Jadilah pribadi yang jujur dan iklhas insya Allah segalanya akan di mudahkan

Nasehat KH. Syakur Yasin (Buya Syakur)

Tuhan memberimu kenikmatan, tetapi kamu gunakan itu untuk melawan Tuhan

Ketika engkau menyendiri, tak ada lawan bicara dan mulutmu terkunci, barulah hatimu mampu mendengarkan apa yang AKU katakan. Dan ketika hatimu berbicara, hanya AKUlah yang mendengarkan.

Sekalipun kita menaati semua perintahNya sama sekali tidak akan pernah menambah kerajaan Tuhan semakin besar... Kalaupun kita membangkang seluruhnya tidak akan memperkecil kerajaan Tuhan 

AKU mendengar apa kata hatimu, bukan apa yang diucapkan mulutmu yang busuk dengan kotoran dusta dan kenistaan. YAng penting bersihkan dulu mulutmu, sehari lima kali, gosoklah gigimu dengan sikat taubat dan pasta pelebur dosa.

Habib Quraisy Baharun

Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik maka segera perbaikilah sholatmu. Seseorang yang jauh dari Allah, maka kehidupannya pun pasti akan jauh dari keberkahan dan kebahagiaan.

Ketika kau gantungkan harapanmu kepada manusia maka Allah akan mengingatkanmu dengan pahitnya rasa kecewa agar kau tahu betapa cemburunya Allah ketika dirimu bergantung selain dari-Nya dan itu mengingatkanmu agar segera sadar tuk kembali berharap hanya kepada-Nya

Kuatkan langkah kakimu di jalan Allah, Jangan pedulikan hinaan dan cacian, karena setiap sesuatu pasti ada yang benci juga ada yang suka.

Riya' adalah tanda kosongnya hati seseorang dari keagungan Allah Ta'ala. Karena ketika hati itu dipenuhi dengan mengingat Allah, pasti apapun yang diperbuat dia tidak butuh dengan perhatian atau pujian orang lain, selain keridho'an Allah Ta'ala.

Nasehat Habib Miqdad Baharun

Jadilah hamba ALlah yang senantiasa bersyukur dengan menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya

Meskipun kemaksiatan banyak dilakukan di muka bumi ini. Tapi karena Nabi Muhammad ada di antara kita (di dalam hati), maka allah akan menunda adzabnya.

Dan orang yang hatinya hidup, maka dia akan menyempatkan waktu untuk qiyamul lail di sepertiga malam meski sebentar. Memohon ampun saat pintu-pintu rahmat Allah dibuka lebar bagi siapapun yang memiliki hajat.


Nasehat Habib Masholeh bin Yahya

Jangan iri atas keberhasilan orang lain. Sebab kita tak tahu apa yang ia korbankan untuk itu. 

Dalam persaudaraan ada persatuan, Namun dalam persatuan belum tentu ada persaudaraan karena persaudaraan itu mencari persamaan dalam perbedaan

Jika sudah tidak ada keiklasan maka tidak guna dalam berbuat kebaikan

Sing Arane Dakwah Iku Ngajak Kebagusan Kelawan Kebagusan Pada Uga Lisane Lan Penggaweane


Nasehat KH. Abbas Fuad Hasyim

Puncak Keilmuan sesorang adalah ketika keilmuan itu di ejawantahkan dalam sikap di kehidupan sehari hari.


Nasehat KH. Maman Imanul Haq

Dakwah yang menyejukan itu menumbuhkan nilai kecintaan pada Islam, Ingat ! yang menumbuhkan bunga itu rintik hujan, Bukan Halilintar.





Loading...