Biografi Singkat Imam Ghazali


Biografi Singkat Imam Ghazali


Biografi Imam Ghazali : Nama Imam Ghazali di Indonesia, sama populernya dengan nama ImamSyafii. Terlebih jika kita melihatnya dari sisi, umat Islam yang hidup di lingkungan Pondok Pesantren Tradisional Pesantren. Nama beliau, bukan hanya populer tetapi juga sangat dihormati.

Imam Ghazali yang bernama lengkap “Abu Hamid Ibn Muhammad Ibn Ahmad Al Ghazali” lahir di kota kecil yang terletak di dekat Thus, Provinsi Khurasan, Republik Islam Irak pada tahun 450 Hijriah, bertepatan dengan tahun 1058 Masehi.

Beliau adalah sosok yang sangat cinta ilmu. Berbagai macam disiplin ilmu keislaman belau pelajari, mulai dari teologi (ilmu kalam), hukum Islam, filsafat, logika, sufisme, sampai dengan ilmu-ilmu alam.

Pada masa mudanya, Imam Ghazali banyak belajar di Nisyapur dan juga di Khurasan, yang pada saat itu merupakan salah satu pusat ilmu pengetahuan di dunia Islam. Di tempat ini, Imam Ghazali menjadi murid dari Imam Al Haramain Al Juwaini yang merupakan guru besar di Madrasah An-Nizhfirniyah Nisyapur.

Setelah mendapatkan berbagai macam ilmu keislaman dalam proses pendidikannya. Kemudian beliau menjadi seorang guru di Nizhfimiyah, Baghdad. Di tengah-tengah kehidupannya di kota ini, Imam Ghazali termasuk ulama sangat produktif, banyak menulis karya (kitab), beberapa diantaranya berupa bantahan terhadap golongan bathiniyyah, golongan filsafat, dan beberapa golongan lainnya.

Imam Ghazali kembali ke kota kelahirannya, Thus, meninggalkan Kota Baghdad. Di tanah kelahirannya inilah beliau, merasakan hatinya tidak tentram. Walaupun hidup dengan harta dan ilmu pengetahuan yang melimpah.    

Singkat kisah, Imam Ghazali kemudian mengambil jalan sufi (tasawuf). Hari-hari beliau dihabiskan dengan mengajar dan beribadah sampai beliau wafat pada tanggal 14 Jumadil Akhir tahun 505 H (1111 M) dalam usia 55 tahun dengan meninggalkan beberapa anak perempuan.





Loading...