Biografi Singat Imam Abu Dawud, Penyusun Kitab Hadits


Biografi Singat Imam Abu Dawud, Penyusun Kitab Hadits


Biografi Imam Abu Dawud : Selain Imam Bukhari, Imam Muslim, penyusun kitab hadits yang cukup popler dalam lingkungan pendidikan Islam adalah Imam Abu Dawud. Walaupun namanya dikalangan muslim awam Indonesia, tidak sepopuler Imam Bukhari dan Imam Muslim, tetapi nama beliau di lingkungan pesantren atau Lembaga Pendidikan Islam Tradisional cukup populer. Karena kitab beliau secara rutin dijadikan rujukan, baik oleh para santri ataupun oleh kiyai.

Imam Abu Dawud memiliki nama lengkap Sulaiman ibn al- Ash’as ibn Ishaq ibn Basyir ibn Shidad ibn Amr al-Azdi al- Sijistani. Lahir di Kota Sajistan, daerah Bashrah tahun 202 Hijriah.

Dalam beberapa biografi Imam Abu Dawud, dituliskan, beliau adalah sosok yang sangat cinta dengan ilmu keislaman. Hal ini sangat terlihat, karena sebelum menginjak usia dewasa, beliau sudah pergi ke berbagai negara untuk bertemu dengan ulama-ulama besar. Antara lain Khurasan, Irak, Hijaz, Sham dan Mesir.

Imam Abu Dawud memiliki banyak sekali guru, di antaranya : Ahmad ibn Hambal, Abdullah ibn Raja’, Abu al- Walid al-Tayalisi, dan beberapa ulama besar lainnya.

Karya tulis tangan Imam Abu Dawud sangat banyak, antara lain;  Kitab al-Sunan, kitab al-Marasil, kitab al-Qadar, al-Nasikh wa al-Mansukh, Fada’il al-‘Amal, kitab al-Zuhd, Dala’il al-Nubuwah, Ibtida’, al-Wahyu dan Ahbar al-Khawarij.   





Loading...