Manfaat dan Tujuan Senam Hamil


Manfaat dan Tujuan Senam Hamil


Senam Hamil : Senam hamil biasa kita pahami sebagai terapi latihan berupa gerak yang khusus ibu hamil untuk mempersiapkan diri, baik persiapan fisik maupun psikologis, semua ini dilakukan untuk menjaga keadaan ibu dan bayi tetap sehat, sampai melahirkan.

Dengan konsep pengertian yang hampir sama, pakar lain menyebutkan pengertian dari senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik atau mental, pada persalinan cepat, aman, dan spontan.

Bagi ibu hamil yang baru pertama kali hamil atau sudah pernah hamil, sangat disarankan mengikuti program senam hamil demi kesehatan ibu dan janin  

Senam Hamil Punya Banyak Sekali Manfat, Tujuh di Antaranya:

1. Membantu meningkatkan stamina.

2. Melancarkan sirkulasi darah dan mencegah keram serta varises di kaki.

3. Melatih pernafasan (salah satu hal yang harus di kuasai ibu hamil).

4. Membantu proses kelahiran dengan cara menguatkan otot yang terkait.

5. Membentuk dan mempertahakan postur tubuh agar tulang belakang terhindar dari sakit.

6. Mencapai relaksasi untuk mendapatkan pola tidur yang baik serta meningkatkan energi.

7. Membantu proses pemulihan pasca persalinan lebih cepat.


Sedangkan Tujuan Senam Hamil Adalah :

1. Menguasai teknik pernapasan; teknik pernapasan dilatih agar ibu siap menghadapi persalinan. Terelebih dalam prosesnya latihan pernapasan sangat bermanfaat untuk mendapatkan oksigen.

2. Memperkuat elastisitas otot; hal ini harus dilatik karena dapat mencegah nyeri di bokong, di perut bagian bawah dan keluhan wasir.

3. Mengurangi keluhan; biasanya berupa melatih sikap tubuh selama hamil, ini dilakukan agar mengurangi keluhan yang timbul akibat perubahan bentuk tubuh.

4. Melatih relaksasi; berupa latihan kontraksi dan relaksasi yang diperlukan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit saat proses persalinan;

5. Menghindari kesulitan; untuk membantu persalinan, sehingga ibu dapat melahirkan tanpa kesulitan, serta menjaga ibu dan bayi sehat setelah melahirkan.





Loading...