Pengertian Berkah Atau Barokah yang Sebenarnya dari Para Ulama (Ahli) dan Cara Mencari atau Mendapatkannya


Pengertian Berkah Atau Barokah


Pengertian Berkah atau Barokah : Barokah atau berkah dalam bahasa arab adalah kenikmatan. Barokah dalam bahasa Arab mempunyai istilah lain yaitu mubarak dan tabarruk. Mubarak yang berarti yang diberkati dan tabarruk yang berarti meminta berkat.

Barokah atau berkah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah karunia Tuhan yang mendatangkan kenikmatan bagi kehidupan manusia.

Pengertian Berkah Menurut Ulama

Ar-Raghib al-Ashfahani

Berkah atau barokah adalah tetapnya kebaikan Tuhan terhadap sesuatu.

Ibnu Manzhur

Berkah atau barokah adalah  sesuatu yang tumbuh dan bertambah.


Beberapa makhluk dan hal lainnya yang dianugerahi barokah oleh Allah, diantaranya yaitu:

1. Manusia; Rosulullah dan orang-orang soleh (pewaris nabi)

2. Masjidil Haram dan tempat disekitar Masjidil Haram, di antranya Ka’bah, Maqam Ibrahim, Sumur Zamzam, Shafa dan Marwah, Mina, Padang Arafah dan Muzdalifah.

3. Waktu berkah; Ramadan dan waktu waktu di dalamnya (Lailatul Qadar), hari-hari Tasyriq, bulan-bulan Haram (Dhul Hijjah, Muharram, dll).

4. Pohon; Zaitun, Kurma, dll

5. Air; Air Zamzam, Air Susu Ibu,   


Beberapa Cara Mendapatkan Barokah

1. Mendapatkan Barokah yang dibolehkan (disyari‟atkan) yang tidak ada perbedaan pendapat, diantaranya dengan membaca dan menjadikan kandungan dalam al-Quran sebagai jalan hidup.

Ibnul Qoyyim berkata ‚al-Qur’an “lebih” berhak untuk menyandang nama Mubarrak (sesuatu yang diberkahi) daripada nama lain apapun, karena berlimpahnya kebaikan dan manfaatnya, serta aspekaspek keberkahan di dalamnya

2. Berdzikir

Rosulullah bersabda “Orang yang bangun di pagi hari hanya dengan Allah dipikirannya, maka Allah akan menjaganya di dunia ini maupun di akhirat”.

3.  Mencari barokah (Ngalap Barokah) dengan peninggalan-peninggalan Nabi setelah beliau wafat.  

Cara ini dicontohkan oleh para sahabat. Adalah para sahabat mencari berkah dari peninggalan-peninggalan Rosulullah seperti rambut atau segala sesuatu yang pernah digunakan oleh Rosulullah dan masih ada setelah beliau wafat (pakaian, sandal dan sebagainya).

4. Duduk bersama orang-orang soleh.

Duduk bersama orang-orang yang soleh sebagai ahli iman, takwa dan taat yang mengandung kebaikan, keberkahan dan kemanfaatan yang besar. Di antaranya : mengambil manfaat dari ilmu mereka, mendengarkan wejangan dan nasihat mereka, mengambil manfaat dari doa mereka,





Loading...