Pengertian Nifas (Beserta Tahapannya dan Perubahan pada Vagina)


Pengertian Nifas


Pengertian Nifas : Secara umum dalam pembicaraan ilmu keislaman, nifas dimaknai sebagai darah yang keluar dari rahim yang disebabkan melahirkan atau setelah melahirkan.

Dalam nifas, ada istilah penting yang juga harus dipahami, yaitu masa nifas. Karena “nifas” selalu berkaitan dengan “masa nifas”.

Masa nifas (puerperium) adalah masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai hingga alat-alat kandungan kembali seperti prahamil. Lama masa nifas ini, yaitu 6-8 minggu. Masa nifas dimulai setelah kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat kandungan kembali seperti sebelum hamil.

Tahapan Masa Nifas

Puerperium Dini

Masa kepulihan, yakni saat ibu diperbolehkan berdiri dan berjalanjalan.

Puerperium Intermedial

Masa kepulihan menyeluruh dari organ-organ genetal kira-kira 6-8 minggu.

Remot Puerperium

Waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama apabila ibu selama hamil (persalinan mempunyai komplikasi).


Perubahan Vagina dan Perinium

Vagina

Pada minggu ketiga, vagina mengecil dan timbul vugae (lipatan-lipatan atau kerutan-kerutan) kembali.

Perlukaan Vagina

Perlukaan vagina yang tidak berhubungan dengan perineum (“area kulit antara liang vagina dengan anus”)  tidak sering dijumpai. Mungkin ditemukan setelah persalinan biasa, tetapi lebih sering terjadi akibat ekstrasi dengan cunam, terlebih apabila kepala janin harus diputar, robekan terdapat pada dinding lateral dan baru terlihat pada pemeriksaan speculum.

Perubahan Pada Perineum

Terjadi robekan perineum (“area kulit antara liang vagina dengan anus”) hampir pada semua persalinan pertama dan tidak jarang juga pada persalinan berikutnya. Robekan perineum umumnya terjadi di garis tengah dan bisa menjadi luas apabila kepala janin lahir terlalu cepat, sudut arkus pubis lebih kecil daripada biasa, kepala janin melewati pintu bawah panggul dengan ukuran yang lebih besar dan pada sirkumfarensia suboksipito bregmatika.

Perubahan Sistem Perkemihan

Saluran kencing kembali normal dalam waktu 2 sampai 8 minggu, tergantung pada 1) keadaan/status sebelum persalinan 2) Lamanya partus kalla II yang dilalui 3) Bersarnya tekanan kepala yang menekan pada saat persalinan.






Loading...