Kata Bijak Islami : Kumpulan Nasehat Sayyidina Utsman bin Affan



Risau Terhadap Dunia Adalah Kegelapan Bagi Hati, Risau Terhadap Akhirat Adalah Cahaya Bagi Hati.

Di antara orang-orang yang berdosa, yang paling parah adalah dia yang meluangkan waktunya untuk membahas kesalahan orang lain.

Derajat keimanan yang paling tinggi adalah bahwa kamu menganggap dirimu selalu berada di hadapan Allah.

Tanda-tanda orang arif (orang yang mengenal Allah dengan segala keagungan-Nya) itu ada delapan macam, yaitu; 1) Hatinya selalu berada di antara rasa cemas dan harap, 2) Lidahnya selalu memuja dan memuji Allah, 3) Kedua mata penuh rasa malu dan tangis, 4) Kecenderungannya antara mengabaikan dunia dan mencari ridha Tuhannya.

Ada empat hal yang tidak berguna, yaitu: 1) Ilmu tanpa amal, 2) Kekayaan tanpa diiringi dengan berinfak di jalan Allah, 3) Kesalehan yang hanya demi pamer, didorong oleh motivasi keduniawian, 4) dan umur yang panjang tanpa berbuat amal kebajikan. 


Ambillah Hikmah Dan Pelajaran Dari Kisah Orang-Orang Terdahulu.

Andai hati kalian bersih, maka kalian tidak akan pernah merasa kenyang (bosan) dari membaca al-Qur’an.

Ketika kaum Muslimin terpecah belah, keimanan mereka akan goyah dan akan kehilangan kekuatan persatuan di antara mereka.

Tidak seorang pun yang menyembunyikan suatu rahasia di dalam hatinya kecuali Allah akan menampakkan pada raut wajahnya atau melalui perkataan yang terlontar dari lidahnya.


Tiga hal yang aku sukai di dunia ini, yaitu; memberi makan kepada orang yang lapar, memberi pakaian kepada orang yang bertelanjang, dan membaca Al-Qur'an. 


Cukuplah Bagi Kamu Bahwa Orang Yang Iri Kepadamu Merasa Tertekan Pada Saat Kamu Senang.

Allah mencintai orang yang mau meninggalkan dunia, Malaikat mencintai orang yang mau meninggalkan dosanya, dan umat islam mencintai orang yang tidak tamak.
Tergelincirnya lidah itu lebih berhaya daripada tergelincirnya kaki. 



Loading...