Kata Bijak Islami : Kumpulan Nasehat Sayyidina Umar bin Khattab



Orang Yang Paling Aku Sukai Adalah Dia Yang Mau Menunjukkan Kesalahanku.

Wanita bukanlah pakaian yang bisa kamu kenakan dan kamu tanggalkan sesuka hati. Wanita itu terhormat dan memiliki haknya.

Jangan bersedih atas apa yang telah berlalu, kecuali jika itu bisa membuatmu bekerja lebih keras untuk apa yang akan datang.

Jangan tertipu oleh orang yang membacakan Alquran. Tapi lihatlah kepada mereka yang bertindak sesuai dengan Alquran itu.

Dulu Kami adalah orang-orang yang paling terhina di muka bumi, dan Allah kemudian memberi kami kehormatan melalui Islam. 



Terkadang, Orang Dengan Masa Lalu Paling Kelam Akan Menciptakan Masa Depan Yang Paling Cerah.

Tak ada Islam bagi orang yang tidak mengerjakan shalat.

Orang yang mau menunjukkan di mana letak kesalahanmu, itulah temanmu yang sesungguhnya. Sedangkan mereka yang hanya menyebar omong kosong dengan selalu memujimu, mereka sebenarnya adalah para algojo yang akan membinasakanmu.

Duduklah bersama orang-orang yang mencintai Allah, karena bersama mereka akan mencerahkan pikiran.

Apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku. 



Aku Khawatir Akan Datangnya Hari Di Mana Orang-Orang Yang Tak Beriman Merasa Bangga Akan Kedustaannya, Sementara Orang-Orang Yang Beriman Malu Akan Keimanannya.

Jadilah orang yang bermartabat, jujur dan penuh kebenaran.

Aku tidak pernah sekalipun menyesali diamku. Tetapi aku berkali-kali menyesali bicaraku.

Aku tidak akan membiarkan orang tiran yang berbuat zalim kepada orang lain atau melanggar hak orang lain hingga pipi orang itu akan aku letakkan di atas tanah dan pipinya yang sebelah lagi akan aku injak dengan kakiku sampai ia mau kembali kepada kebenaran. Sebaliknya, kepada orang yang bersih dan mau hidup sederhana, aku akan menaruh pipiku di atas tanah.

Perbanyaklah mengingat Allah, karena itu adalah obat. Jangan buat dirimu terlalu banyak mengingat manusia, karea itu adalah penyakit. 



Sabar Adalah Bahan Ramuan Paling Sehat Dalam Hidup Kita.

Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada orang yang mau menunjukkan kesalahanku.

Tidak ada rasa bersalah yang dapat mengubah masa lalu dan Tidak ada kekhawatiran yang dapat mengubah masa depan.

Hendaklah kalian menghisab diri kalian sebelum kalian dihisab, dan hendaklah kalian menimbang diri kalian sebelum kalian ditimbang, dan bersiap-siaplah akan datangnya hari besar ditampakkannya amal.

Cara terbaik untuk mengalahkan seseorang adalah mengalahkannya dengan kesopanan. 



Biasakan Diri Dengan Hidup Susah, Karena Kesenangan Tidak Akan Kekal Selamanya.

Aku tidak pernah mengkhawatirkan apakah doaku akan dikabulkan atau tidak, tapi yang lebih aku khawatirkan adalah aku tidak diberi hidayah untuk terus berdoa.

Aku tidak suka tetap di dunia ini kecuali karena tiga hal; Pertama, tempat di mana aku bisa meletakkan keningku di tanah untuk bersujud kepada Allah; Kedua, tempat orang-orang berilmu berkumpul, di mana aku bisa duduk bersama mereka untuk memetik perkataan yang baik, sebagaimana dipetiknya buah yang ranum; dan Ketiga, berjihad di jalan Allah.

Jangan berlebihan dalam mencintai sehingga menjadi keterikatan, jangan pula berlebihan dalam membenci sehingga membawa kebinasaan.

Menghindari dosa itu lebih ringan daripada menanggung rasa sakit dari sebuah penyesalan. 



Bersabarlah, Karena Kesabaran Adalah Sebuah Pilar Keimanan.

Jagalah shalatmu. Karena ketika kamu kehilangan shalat, maka kamu akan kehilangan segalanya.

Jika salah satu dari kalian tergelincir (dalam perbuatan dosa), perbaiki dia, doakan dia dan jangan bantu setan mendekatinya.

Berpegang teguhlah pada kebenaran bahkan meski kebenaran itu membunuhmu.

Keyakinan adalah di mana seharusnya tidak ada perbedaan antara perbuatan, perkataan, dan apa yang kamu pikirkan. 



Jangan Melupakan Diri Anda Sendiri Saat Menyampaikan Nasehat Kepada Orang Lain.

Tidak ada hubungan antara Allah dengan siapapun kecuali melalui ketaatan kepada-Nya.

Ajaklah seseorang kepada Islam meski tanpa melalui kata-kata. Mereka bertanya, “Bagaimana caranya?”  Dia menjawab, “Dengan sopan santunmu”

Ya Allah, sesungguhnya aku ini orang yang keras, maka lunakkanlah aku. Sesungguhnya aku adalah orang yang lemah, maka kuatkanlah aku. Sesungguhnya aku adalah orang yang bakhil, maka jadikanlah aku orang yang dermawan.

Mohonlah pertolongan kepada Allah agar menolong kalian melawan nafsu jahat kalian, sama seperti kalian memohon pertolongan dalam melawan musuh-musuh kalian. 



Jika Pasanganmu Sedang Marah, Maka Kamu Harus Tenang. Karena Ketika Salah Satunya Adalah Api, Maka Satu Yang Lainnya Harus Bisa Menjadi Air Yang Bisa Meredakan Amarah Itu.

Barangsiapa yang niatnya tulus dan ikhlas niscaya Allah SWT member kecukupan antara dia dan orang lain.

Bertemu dan mengunjungi saudara dapat menghilangkan perasaan duka dan sedih. Maka, jika Allah memberimu karunia mendapatkan cinta dan kasih sayang seseorang maka indahkanlah.

Jauhilah rasa kenyang. Karena itu akan memberatkan hidupmu dan menyusahkan kematianmu.

Dulunya kami adalah orang orang yang hina. Kemudian Allah mengangkat derajat kami dalam Islam. Seandainya kami menginginkan kemuliaan selain Islam, sungguh Allah akan mencela dan menghina kami.



Laki Laki Sejati Bukanlah Yang Kuat Gertakan Dan Hentakan Ancamannya. Tetapi Yang Bisa Menjalankan Amanah Dengan Baik Dan Menjaga Kehormatan Orang Lain.

Jika ada hewan kendaraan di Irak, maka Allah SWT menanyakan tentang itu kepadaku, “Mengapa kendaraan itu tidak bisa berjalan wahai Umar?”

Perbanyaklah anggota keluarga. Sungguh kalian tidak mengetahui melalui tangan siapa rezeki itu datang.

Sungguh seorang hamba yang tawadhu’ karena Allah semata niscaya Allah akan mengangkat derajatnya, dan berkata, “ Bangkit dan tegaklah, sungguh Allah telah menagngkat derajatmu!”

Perbanyaklah duduk bersama orang-orang yang bertaubat. Sungguh mereka adalah orang-orang yang berhati lembut.



Saya Mendapat Kabar, Bahwa Doa Itu Dihimpit Dan Dikekang Di Antara Langit Dan Bumi, Tidak Bisa Naik Ke Atas Sampai Diucapkan Shalawat Kepada Nabi Muhammad SAW.

Saya tidak pernah peduli apa yang menimpa hidupku. Apa yang saya cintai maupun benci. Karena sesungguhnya saya tidak tahu apakah yang saya cintai atau yang saya benci itu baik untuk saya atau tidak.

Sama ratakanlah semua orang di hadapanmu dalam keadilan dan sewaktu bersama denganmu. Jangan sampai orang yang terpandang membuatmu tamak dan orang yang lemah merasa putus asa dengan keadilanmu.

Sungguh ada orang yang seumur hidupnya menentang dan menjadi penyakit dalam Islam dan tidak menyempurnakan sholatnya karena Allah yaitu orang ketika sholat menghadap Allah tidak melengkapi dengan sujud, khusyuk, dan tawadhu’.

Ya Allah, muliakanlah orang-orang yang Engkau pilih diantara kami, agar mereka bisa membantu orang-orang yang emmbutuhkan di antara kami.



Sungguh Amalan-Amalan Itu Saling Angkuh Dan Membanggakan Diri Satu Dengan Yang Lain. Amal Sedekah Akan Berkata; Akulah Yang Paling Mulia Dari Amalan Lain

Bersikap jujurlah walau nyawa taruhannya!

Tiga hal yang membuat Anda dicintai dan disayang saudara: a. Mengucapkan salam b. Melapangkan dan memberinya tempat duduk dalam pertemuan c. Memanggilnya dengan panggilan paling disukainya

Janganlah Sekali Kali Orang-Orang Yang Tidak Mengerti Agama Dan Tidak Bisa Menimbang Dengan Adil, Berdagang Di Pasar!

Tuntutlah ilmu. Dan, belajarlah dari ilmu itu tentang ketentraman dan kelemah-lembutan



Sungguh Allah Jika Mencintai Hamba-Nya Maka Dia Akan Membuat Orang Lain Mencintai Hamba-Nya Itu.

Hidup sendiri lebih baik daripada berteman dengan orang jahat.

Orang berakal bukan berarti bisa mengenali mana mana yang baik dan yang buruk. Tetapi berakal adalah bisa mengetahui mana yang lebih baik diantara dua hal buruk.

Setiap sesuatu ada pucuknya. Dan pucuk kebaikan adalah menyegerakannya.

Saya adalah orang yang beruntung diantara kalian, karena saya bisa menjaga sifat rakus dan tamak, nafsu dan amarah.



Loading...