Kata Bijak Islami : Kumpulan Nasehat Imam Hasan Al Bashri

Kata Kata Imam Hasan Al Bashri


Kata Kata Imam Hasan AlBashri :  Di bawah ini adalah kumpulan kata kata Imam Hasan Al Bashri. Seorang ulama besar dan sufi terkemuka. Nama besar beliau sampai masih terus diperbincangkan, terutama buah pikiran dan kedalaman renungan hatinya. Hingga tak jarang pecinta pemikiran Imam Hasan Al Bashri terus tumbuh dari zaman ke zaman.    

Kata Kata Imam Hasan Al Bashri atau Kata Kata Bijak Imam Hasan Al Bashri atau Kata kata Mutiara Imam Hasan Al Bashri di bawah ini jelas tidak mencantumkan seluruh buah pemikirannya. Melainkan hanya sebagain kecilnya saja. Pun tidak mewakili dari berbagai ragam pemikiran Imam Hasan Al Bashri yang lainnya.

Baiklah, selamat membaca ...  





Diantara tanda berpalingnya Allah SWT dari seorang hamba adalah Allah menjadikan kesibukannya pada hal-hal yang tidak bermanfaat baginya.

Janganlah Anda tertipu dengan banyaknya amal ibadah yang telah Anda lakukan, karena sesungguhnya Anda tidak mengetahui apakah Allah menerima amalan Anda atau tidak.

Jangan pula Anda merasa aman dari bahaya dosa-dosa yang Anda lakukan, karena sesungguhnya Anda tidak mengetahui apakah Allah mengampuni dosa-dosa Anda tersebut atau tidak.

Saya belum menemukan dalam ibadah, sesuatu yang lebih sulit dari pada shalat di tengah malam.


Seorang mukmin hidup di dunia bagaikan seorang tawanan yang sedang berusaha membebaskan dirinya dari penawanan dan ia tidak akan merasa aman kecuali apabila ia telah berjumpa dengan Allah SWT.



Ketahuilah bahwa kamu tidak bisa mencintai Allah sampai kamu mencintai taat kepada-Nya (Allah).

Sesungguhnya Allah telah menetapkan kematian, sakit dan sehat. Barang siapa mendustakan takdir maka sesungguhnya ia telah mendustakan al-Qur’an. Dan barang siapa mendustakan al-Qur’an, maka sesungguhnya ia telah mendustakan Allah.

Seseorang yang bertindak tanpa pengetahuan merusak lebih dari yang dia lakukan.

Dia yang tidak memiliki sopan santun tidak memiliki pengetahuan; Dia yang tidak memiliki kesabaran tidak memiliki agama, dan dia yang tidak memiliki kesalehan tidak memiliki kedekatan dengan Allah untuknya.

Jika Anda merasa aman untuk aman dan agar agama Anda aman untuk Anda, maka aturlah tangan Anda dari melukai kehidupan manusia, aturlah lidah Anda agar tidak membahayakan kehormatan mereka, dan atur perut Anda dari mengkonsumsi kekayaan mereka. 



Orang beriman akan selalu bersikap kritis terhadap dirinya sendiri dalam makanannya, minumannya dan ucapannya. Orang berdosa tidak akan mengkritik dirinya sendiri.

Niat lebih unggul daripada tindakan.

Jika Anda Menjual kehidupan ini untuk selanjutnya dan Anda akan memenangkan keduanya. Jika Anda menjual kehidupan berikutnya untuk dunia ini maka Anda akan kehilangan keduanya.

Perlakukan penyakitmu dengan memberi sadaqah (amal).

Iman bukanlah angan-angan atau penampilan luar tapi ada masalah yang berakar di dalam hati dan dikonfirmasikan oleh tindakan. 



Siapa pun yang tidak menemukan kebahagiaan dalam dzikir Allah, sholat, dan membaca Quran, tidak akan menemukannya di tempat lain.

Orang-orang sama dalam kesehatan tapi saat kesulitan menimpa mereka menunjukkan perbedaan.

Kesabaran adalah harta karun dari harta surga, Allah tidak memberikannya kecuali kepada hamba-hamba-Nya yang mulia.

Anda tidak lain hanyalah beberapa hari, dan kapanpun suatu hari berlalu, sebagian dari Anda meninggal dunia.

Sesungguhnya Allah tidak menunjukkan akhir tindakan orang percaya kecuali pada saat kematian. 



Loading...