Kumpulan Kata Bijak dan Nasehat Ulama Seluruh Dunia

Kumpulan Kata Bijak dan Nasehat Ulama Seluruh Dunia


Nasehat Ulama / Nasehat Bijak Ulama : Setelah postingan nasehat dan kata bijak habib-habib dari Yaman, yang dirasakan manfaatnya oleh pembaca klikkata. Kali ini kami sajikan hal yang serupa; adalah kumpulan nasehat bijak dari ulama-ulama dari berbagai negara di seluruh dunia.

Mengapa nasehat bijak ulama dari seluruh dunia? Karena, kami melihat betapa hausnya hati umat Islam Indonesia dengan nasehat nasehat bijak, yang membuat hati menjadi damai dan sejuk. Salah satu yang bisa kami buktikan, dari banyak jumlah pencari dan pembaca klik kata kata bijak dan nasehat dari Habib Ali Al Jufri dan Habib Umar bin Hafidz.


Kata Bijak dan Nasehat Syekh Mutawalli Sya’rawi

Jika engkau tidak mampu mengatakan kebenaran, maka janganlah bertepuk tangan untuk kebatilan.

Jika engkau tidak menemukan seseorang yang mendengki-mu, maka ketahuilah bahwa engkau adalah manusia yang gagal.

Janganlah engkau merasa cemas terhadap “konspirasi” manusia, sebab, puncak dari kemampuan mereka adalah melaksanakan kehendak Allah SWT.

Tidak akan ada seorangpun “berkuasa” di kerajaan Allah SWT kecuali dengan kehendak Allah SWT

Janganlah engkau menyembah Allah SWT supaya Dia memberi kepadamu, namun, sembahlah Allah supaya Dia ridha kepadamu, maka, jika Dia ridha kepadamu, Dia akan membuatmu bingung dengan pemberian-Nya 

Jika engkau melihat seorang fakir di negeri Islam, maka ketahuilah bahwa di sana ada orang kaya yang mencuri hartanya.

Tidak akan cemas seseorang yang mempunyai bapak, lalu, kenapa menjadi cemas seseorang yang mempunyai Tuhan (Allah SWT)

Jika Allah SWT mengambil sesuatu darimu sesuatu yang kamu tidak pernah memprediksinya akan hilang darimu, maka itu berarti Allah SWT akan memberikan kepadamu sesuatu yang kamu tidak pernah memprediksi akan memilikinya

Jadilah orang besar yang penuh rasa cinta, sebelum menjadi tulang belulang dan belatung
Jika engkau memperhatikan jasa baik orang lain kepadamu, ketahuilah bahwa engkau adalah bersahabat dengan kesetiaan


Kata Bijak dan Nasehat Syekh Yusri Rusydi 

Zaman fitnah adalah sebuah zaman di mana kebenaran dan kebatilan tercampuraduk dan tidak bisa dibedakan; zaman ketika orang jujur tidak dipercaya dan pembohong justru dibenarkan. Jika seseorang bermaksud memadamkan api fitnah itu, yang terjadi justru fitnah itu semakin besar.

Tasawwuf itu melepaskan diri dari setiap akhlak tercela dan menghiasi diri dengan akhlak-akhlak terpuji. Maka setelah kamu berhias diri dengan akhlak tersebut, Allah Subhanahu wa ta’ala akan ‘tajalli’, menampakkan pada dirimu dengan segala kesempurnaan dan keutamaan-Nya; pada pendengaran, penghlingatan, tangan dan kakimu.

Hakikat tawakkal adalah melakukan perbuatan berdasarkan hubungan kausalitas (sabab-akibat) sebagai ‘taabbudan’ (beribadah) kepada Allah. Hal itu seperti seekor burung yang terbang pada pagi hari dengan perut kosong, dan pulang sore dengan perut kenyang. Burung-burung itu tidak tinggal diam saja di sarangnya, melainkan terbang untuk mencari rejeki.

Sifat seorang muslim adalah bahwa orang lain bisa selamat dari lidahnya. Akhir hidup adalah hal yang paling penting, sehingga janganlah sampai suudzon dan menghibah orang yang berbuat maksiat. Karena bisa jadi orang yang dighibah itu bertobat di akhirnya, dan mendapatkan khusnul khatimah.

Kata Bijak dan Nasehat Syekh Ali Jum’ah

Salah Satu Kunci Khusyuk Dalam Shalat Adalah Banyak Mengingat Allah Di Luar Waktu Shalat.

Barangsiapa yang merasakan nikmatnya sebuah keikhlasan, maka ia tidak akan terjerumus kepada penghambaan selain Allah

Terorisme tidak mungkin terlahir dari agama, ia hanya produk dari akal yang tidak sehat, hati yang keras, dan jiwa yang sombong.

Agama Islam selalu mendorong manusia kepada kebahagiaan, dan menjauhkan manusia dari kesedihan. Agama Islam berasaskan pada "sa'adatu daarain" (kebahagiaan dunia dan akhirat). Bukan hanya bahagia di dunia saja, atau hanya bahagia di akhirat saja. "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia, dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. al-Baqarah: 201) Salah jika kita katakan: jangan kamu bersenang-senang di dunia demi mempersiapkan bekal setelah meninggal nanti. Akan tetapi yang benar adalah, lanjutkan kesenangan tersebut, dengan ibadah-ibadah sebagaimana Allah Swt perintahkan. Agar tercapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Berdzikir! Rabb kita yang Maha Memberkati lagi Luhur berfirman dalam Kitab-Nya untuk menjelaskan dan menunjukkan: "Maka, ingatlah kalian kepada-Ku, niscaya Kupasti senantiasa mengingat kalian!" Perintah berdzikir/mengingat-Nya merupakan satu kalimat, dimana tegaknya dunia dan kelayakannya bergantung pada kekuatan dzikir. Dengan berdzikir, kebahagiaan dan ketenteraman jiwa manusia bisa mewujud. Dan berkat dzikir, hubungan antara Sang Pencipta dan yang dicipta akan semakin kokoh-erat. Dari jalur dzikir pula, manusia akan sudi tenggelam dalam samudera Cahaya, maka tenggelamlah ia dalam cahaya tersebut. Tidak akan lagi ia terdampar dalam kerusakan dan kelaliman, takkan pula ia terlena dengan tipu-muslihat dan maksiat.

Kata Bijak dan Nasehat Syekh Muhammad Al-Ghazali

Orang yang berpandangan luas dan berjiwa lapang, tak akan ditaklukkan dengan situasi dan kondisi yang dihadapi, walau seburuk apapun bentuknya. Ia umpama benih bunga yang ditanam, menyusup ke dalam tanah lalu menyambut matahari, ia tak dapat dipasung oleh tanah dan lumpur hitam yang bau. Air kotor dan tanah liat ia padukan agar menghasilkan bunga warna-warni dan harum aduhai.
Kata Bijak dan Nasehat Sheikh Ahmed al-Tayeb

Islam tidak boleh dianggap sebagai agama teroris hanya karena beberapa pengikutnya telah membajak sejumlah tulisan dan salah menafsirkannya untuk membunuh dan menumpahkan darah orang-orang yang tidak bersalah

Saya tidak mengetahui ada agama dan kitab samawi seperti Islam yang mengancam tindak kriminal dan penumpahan darah manusia dengan ancaman berat di dunia dan di akhirat.

Pada intinya kita harus menjamin hak-hak mereka. Allah mengatakan siapa yang ingin beriman silakan, siapa yang tidak, silakan. Ada banyak pemikiran yang salah di mana banyak yang memaksakan keinginan orang lain untuk mengikuti keyakinan mereka.
Al-Azhar tidak bisa duduk dengan pihak-pihak yang memalsukan sejarah dan mencuri hak-hak rakyat.

Kata Bijak dan Nasehat Syekh Usamah Al-Azhari

Sesungguhnya ikatan dan hubungan erat antara kami para guru dengan kalian para murid adalah ikatan kecintaan yang sangat besar terhadap ilmu dan beban amanat agama yang sedang kita pikul bersama.

Barang siapa mengetahui akan kemuliaan apa yang sedang dia cari, maka berusaha keras akan terasa ringan baginya.


Kata Bijak dan Nasehat Syekh Ramadhan Al-Buthi

Jika kebencian telah mengakar dalam hati seseorang , maka bersiaplah kehilangan akal sehat.

Jika kamu selesai melaksanakan shalat dan wirid, maka janganlah beranjak dari tempatmu sebelum kamu menengadahkan tanganmu kepada-Nya berdo'a dengan penuh hina dan kerendahan, bersumber dari lubuk hati, doa yang penuh dengan kesadaran dan keyakinan. Mintalah Kepada-Nya segala kebutuhanmu, adukanlah pada-Nya gundah-gelisahmu, mintalah ampun pada-Nya atas dosa-dosamu. Ketahuilah bahwa tidak ada kebaikan di dalam shalat yang tidak ditutup dengan menampakkan kerendahan dan betapa butuhnya.

Ketika kamu merasa dibenci oleh manusia, maka jadikanlah setetes ridha-Nya sebagai pelipur bagimu sehingga kamu tidak menghiraukan kebencian mereka. Ketahuilah bahwa itu lebih baik daripada kamu dicintai manusia namun kamu tidak mendapatkan Ridha-Nya

Dimanapun kamu berada, apapun pekerjaanmu, bagaimanapun keadaanmu, hendaklah menuju masjid terdekat ketika kamu mendengar adzan. Shalatlah berjamaah dengan jamaah yang pertama. Insya Allah dengan begitu, dunia tidak akan masuk ke dalam hatimu. Karena tipu daya dunia tidak akan menjerumuskan seorang muslim yang berlindung pada-Nya sehari lima kali di dalam masjid.

Berusahalah sekuat tenagamu untuk tidak menghabiskan umurmu yang sangat itu kecuali dalam melaksanakan kewajiban-kewajibanmu kepada-Nya atau menyibukkan diri dengan satu hal yang dianjurkan (seperti belajar dan mencari nafkah) atau melakukan hal-hal yang diperbolehkan (seperti untuk sekedar mengistirahatkn tubuh dan fikiran ketika merasa bosan dan lelah).

Bangunlah ketika fajar terbit, jika kamu tidak bisa bangun pada sepertiga malam. Bukalah lembaran harimu dengan melakukan shalat subuh berjamaah di masjid terdekat, kemudian bersimpuhlah dihadapan-Nya dengan penuh hina dan kerendahan hati, terus berdzikir hingga terbit matahari!

Jika kamu diberi kenikmatan dunia atau diuji dengan kesusahan dan kesempitan, maka janganlah lupa hakikat yang ada. Bahwa tidak ada Dzat yang memberi nikmat dan yang menguji kecuali Allah Swt. Tidak ada manusia satupun yang mampu melakukan sesuatu kecuali atas izin Allah Swt. Kemudian gantungkanlah hatimu hanya kepada-Nya, bersyukurlah atas nikmat-Nya, bersabarlah atas cobaan yang menimpamu, dan teruslah merasa rendah dihadapan-Nya!

Ketika kamu menuju tempat tidurmu untuk istirahat, ingatlah barangkali itu adalah tidurmu untuk selamanya, barangkali itu adalah waktu terakhirmu di dunia. Kemudian ingatlah umurmu yang telah lalu, ingatlah keteledoran-keteledoranmu di masa lalu, minta ampunlah kepada-Nya dengan sungguh-sungguh dan penuh penyesalan. Bacalah mu'awwadzatain, surat Al-Ikhlas, Al-Kafirun, dan dzikir-dzikir ma'tsurat lainnya. Janganlah kamu memejamkan matamu kecuali lidahmu basah dengan dzikir, istighfar, tasbih, dan lain-lain!

Kata Kata Bijak dan Nasehat Syekh Abdullah bin Bayyah

Kita harus mengontrol perbedaan tanpa sikap arogansi maupun bahasa kasar, dengan pikiran terbuka dan niat untuk menemukan kebenaran, bukan hanya untuk memenangkan pendapat. 

Prioritas orang alim adalah menyayangi manusia, bukan menyumpah serapah mereka. Serta menuntun umat kedalam syurga, bukan menyegerakan mereka menuju neraka.


Kata Bijak dan Nasehat Syeikh Al-Habib Yusuf Muhyiddin Al-Bakhour Al-Hasani

Barang siapa yang menyerahkan urusannya kepada Allah SWT. (tawakkal) pada permulaan suluknya, maka Allah s.w.t. akan memuliakannya di penghujung suluknya.

Barang siapa yang mana permulaannya membakar-bakar atau menyala-nyala, maka penghujungnya akan terang benderang.

Permulaan menunjukkan penghujungnya.

Janganlah bergantung kepada ibadah, kerana ketergantungan tidak boleh kecuali hanya kepada Allah SWT.

Kejujuran kepada Allah SWT merupakan jalan yang paling hampir untuk menuju Allah SWT

Kelalaian itu pintu bagi segala kesalahan dan nafsu itu pintu bagi segala kehinaan.

Sesungguhnya, kalau saya mati dalam keadaan jujur (kerana mempertahankan kebenaran) itu lebih baik daripada saya hidup dalam keadaan penuh tipu daya.

Seseorang murid yang hakiki itu bukanlah yang menisbahkan kepada gurunya, tetapi murid yang hakiki itu ialah, orang yang dinisbahkan akan gurunya kepadanya.

Berapa banyak kenikmatan yang membawa kepada penyesalan dan berapa banyak pula tangisan yang membawa kepada kegembiraan di penghujungnya.