Kumpulan Kata Kata Nasehat Bijak dari Ulama dan Kyai NU Se-Indonesia (Kyai NU “Nahdlatul Ulama”)

Kata Kata Nasehat Kyai-Kyai NU (Nahdlatul Ulama) : Selamat datang di klikkata.com, kali ini kami akan menyajikan beberapa kata kata bijak atau nasehat dari kyai-kyai besar NU (Nahdlatul Ulama).

Mengapa kyai-kyai besar NU (Nahdlatul Ulama) ? Karena peran beliau-beliau dalam menjaga agama Islam di bumi Indonesia sangat besar. Yang sebelumnya telah dirintis oleh para Wali Songo (Wali Sembilan di Jawa).

Kata Kata Nasehat Kyai-Kyai NU (Nahdlatul Ulama)




Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. A. Wahid Hasyim

Ungkapkanlah apa yang ingin diungkapkan. (Jangan ragu) pemuda memang selalu dicemooh lantaran kecakapannya.

Tatkala waktuku habis tanpa karya dan pengetahuan, lantas apa makna umurku ini?

Biarkan aku meraih kemuliaan yang belum tergapai. Derajat kemuliaan itu mengikuti kadar kemudahan dan kesulitannya. Engkau kerap ingin mendapatkan kemuliaan itu secara murah. Padahal pengambil madu harus merasakan sengatan lebah.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Hamid Pasuruan

Shalat shubuh jamaah! Gak usah tanya lagi nak, setengah tahun saja rasakan, kalau hidupmu banyakan melaratnya daripada enaknya, marahin yai siap aku, di maki kamu siap aku, tapi harus jamaah shubuh. Wes gak usah banyak tanya lagi, sana pulang!

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Hasan (Mbah Mangli)

Bila Seorang Ulama Ikhlas Menyebarkan Agama Allah, Maka Apapun Yang Diinginkannya Pasti Dikabulkan langsung Oleh Allah.

Kata Kata Nasehat Bijak Habib Lutfhi bin Yahya

Perselisihan para ulama fiqih ibarat biji mangga, tumbuh bercabang kemudian menumbuhkan ranting, dari ranting kemudian muncul dedaunan dan buah-buahan yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda.

Sesama wali quthub meski memiliki pangkat kewalian yang sama tetapi memiliki sirr atau rahasia yang berbeda. Salah satu hikmahnya adalah agar tidak ada kecemburuan di antara makhluk Allah.

Jangan sekali-kali melupakan guru yang telah mengenalkanmu dzahir-dzahir syariat, terlebih guru mursyidmu yang telah membimbingmu menuju Allah. Salah satu sebab kenapa aku memperoleh derajat terhormat saat ini adalah karena aku sangat menghormati guru-guruku.

Jangan kau akui keilmuan seorang alim yang suka mencerca para auliya’ dan ulama.

Anda keliru jika menyangka para ulama sufi tidak kaya. Al-Imam Abul Hasan asy-Syadzili memiliki empat ekor kuda paling mahal di masanya, kereta kudanya memiliki dua roda yang dihiasi mutiara dan batu mulia, tapi tidak sedikitpun kemegahan kereta kuda itu mengisi relung hatinya. Bahkan ketika ada orang yang takjub akan kemegahan kereta kudanya dan sangat menginginkan apa yang dimiliki sang sufi, asy-Syadzili lantas memberikan kereta kudanya untuk orang tersebut.

Rahmat turun karena sebab ikhtiar. Contoh: sakinah, mawaddah dan rahmah akan muncul jika seseorang sudah ikhtiar untuk menikah.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Sahal Mahfudz

Pendidikan Islam pada dasarnya adalah proses pembentukan watak, sikap, dan perilaku Islam yang meliputi Iman ( akidah ), Islam ( syariat ), dan Ihsan ( akhlak, etika, dan tasawuf )

Tujuan umum pendidikan di pesantren ialah membentuk atau mempersiapkan manusia yang akram (lebih bertakwa kepada Allah SWT) dan shalih (yang mampu mewarisi bumi ini dalam arti luas, mengelola, memanfaatkan, menyeimbangkan dan melestarikan) dengan tujuan akhirnya mencapai sa'adatud darain. Bertolak dari prinsip itu, pesantren memberikan arahan pendidikan lingkungan hidup dengan pelbagai macam aspeknya.

Kenyataan di mana-mana menunjukkan lingkungan hidup mulai tergeser dari keseimbangannya. Ini merupakan akibat dari pelbagai kecenderungan untuk cepat mencapai kepuasan lahiriah, tanpa mempertimbangkan disiplin sosial, dan tanpa memperhitungkan antisipasi terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa mendatang yang akan menyulitkan generasi berikut.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Maimun Zubair

Termasuk orang yang bagus yaitu orang yang tidak bisa mengaji, tetapi suka berkumpul dengan orang yang bisa mengaji.

Sebaik-baiknya dunia itu ketika di pisah antara baik dan buruk, sebaliknya seburuk-buruknya dunia adalah ketika bercampur antara baik dan buruk.

Orang yang baik itu tidak menyepelekan dosa meskipun kecil, dan tidak sombong ketika punya amal meskipun banyak.

Jalan surga itu ILMU, bisanya mendapat ilmu itu NGAJI, ngaji cara ulama' atau kiai. Modern ya modern, tapi jangan lupa NGAJI.

Sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang sholehah. Sebaik-baik harta adalah anak yang sholeh-sholehah pula. Inilah kenikman akhirat yang kelak akan di alami keluarga mukmin.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Hasyim Muzadi

Orang yang tidak berbuat apapun, untuk kemaslahatan umat, justru akan dililit oleh permasalahannya sendiri.

Orang yang tidak memperjuangkan umat tidak akan kekurangan, dan orang yang memperjuangkan diri sendiri belum tentu berlebihan

Kita boleh berdoa meminta kelonggaran tetapi tidak bisa meminta kesulitan itu dihilangkan. Karena justru masalah dan kesulitan itulah yang membuat kita dewasa. Kamu akan besar dengan segala kesulitan, bukan besar dengan segala kesenangan.

Kata Kata Nasehat Bijak KHR. As’ad Sayamsul Arifin

Kiai adalah pelayan masyarakat. Kalau ingin punya pengikut, bantulah masyarakat meskipun pahit.

Saya menyuruh kalian terus belajar, kenapa? Saya menangis memikirkan kalian, mengapa? Sebab kalian juga cadangan Pemerintah, bukan sekedar cadangan Pesantren !

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Ahmad Asrory Al Ishaqy

Dalam setiap amal ibadah apapun yang kita lakukan.. marilah didasari dengan selalu MERASA HINA (“APES”) di Hadapan Allah SWT.

Dalam pergaulan dengan sesama.. marilah kita gunakan “Akhlaqul-Karimah” yang didasari dengan selalu merasa : “ORANG LAIN LEBIH MULIA KETIMBANG DIRI KITA, DAN DIRI KITA LEBIH HINA KETIMBANG ORANG LAIN”.

Jadikanlah diri kita sebagai orang yang “MUDAH MENGALAH”

“JANGAN PERNAH BERBUAT DHOLIM” terhadap sesama.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Abdurrahan Wahid (Gus Dur)

Tuhan tidak perlu dibela, Dia sudah Maha Segalanya. Tapi belalah mereka yang diperlakukan tidak adil.

Memuliakan manusia berarti memuliakan Penciptanya. Merendahkan dan menistakan manusia berarti merendahkan dan menistakan Penciptanya

Tidak ada jabatan di dunia ini yang perlu dipertahankan mati-matian

Maafkanlah musuh-musuhmu, tapi jangan lupakan kesalahan-kesalahannya.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Mustofa Bisri  (Gus Mus)

Menghargai orang mulai dari yang sederhana dan mudah: memandang wajahnya dan tersenyum saat bersalaman.

Allah memuliakan kita dengan menganugerahi kita akal budi; maka tidak selayaknya kita merendahkan diri kita sendiri dengan menyia-nyiakannya.

Jangan menyepelekan dosa terhadap sesama manusia. Dosa kita terhadap Allah mudah dimintakan ampun dan Allah Maha Pengampun; tapi dosa terhadap manusia, tak akan diampuni Allah sebelum manusia yang disalahinya memaafkannya.

Asal kita mendahulukan kasih sayang, kita bukan hanya akan masuk surga tapi kita sudah di surga itu sendiri.


Kata Kata Nasehat Bijak KH Hamim Tohari Djazuli (Gus Miek)

Dekatlan kepada Allah..! kalau tidak bisa, dekatlah dengan orang yang dekat denganNya.

Demi Allah, saya hanya bisa menangis kepada Allah, semoga sami’in yang setia, pengamal Dzikrul Ghofilin, semua maslah-masalahnya tuntas diperhatikan oleh Allah.

Satu-satunya tempat yang baik untuk mengutarakan sesuatu kepada Allah adalah majelis sema’an Al Qur’an. Hal ini tertera di dalam (kalau tidak salah) tiga hadits. Antara lain Man arada an yatakallam ma’a Allah falyaqra’ Al Qur’an (siapa ingin berkomunikasi dengan Allah, hendaknya ia membaca Al Qur’an).

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Ali Mustafa Ya'qub

Kepatuhan kepada pemerintah NKRI bersifat wajib. Seorang muslim di Indonesia tidak dibenarkan melakukan pembangkangan terhadap negara Indonesia. Karena, Indonesia sudah memberlakukan syariat Islam

Berhaji cukup sekali, berinfak ribuan kali.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Ma’ruf Amin

Kami sepakat bahwa kita memang siap untuk membela negara dan bagi kami NKRI final, dan Kita tidak akan memberikan toleransi kepada siapa saja yang akan memecah belah bangsa ini.

Kata Kata Nasehat Bijak KH. Said Aqil Siraj

Islam merupakan agama perdamaian sekaligus agama peradaban. Detak jantung kehidupan seorang muslim, harus senantiasa berzikir kepada Allah.

Rasulullah saw berpesan tentang 3 hal yang tidak boleh dimonopoli swasta : energi , air dan hutan.

Tidak ada kekerasan dalam agama tidak ada agama dalam kekerasan.

Mayoritas ulama-ulama yang mencintai tanah air sudah ada jauh sebelum NU lahir pada tahun 1926, sehingga sampai kini perjuangannya diteruskan oleh ulama-ulama NU.

Mari kita junjung tinggi keselamatan NKRI yang merupakan Darus Salam, negara yang penuh damai. Damai antarsuku, antaragama, antarkelompok. Kita sudah sepakat sejak awal.

Pilar kebangsaan perlu terus dipupuk dan dikembangkan di tengah tarikan paham fundamentalisme agama dan fundamentalisme pasar. Pilar kecendekiaan harus ditegakkan karena kecendekiaan adalah pilar peradaban dan syarat sebuah bangsa meraih harkat dan martabatnya di hadapan bangsa lain.