Biografi Singkat Imam Bukhari


Biografi Singkat Imam Bukhari


Biografi Imam Bukhari:  Imam Bukhari adalah penyusun kitab hadistShahih Bukhari” yang paling populer di Indonesia, bahkan di dunia. Karya besar beliau ini, tidak habis-habisnya dan selalu menjadi rujukan ulama untuk menyimpulkan berbagai macam hukum dan pengambilan sikap dalam kehidupan.  

Nama lengkap Imam Bukhari adalah Abu Abdullah Muhammad ibn Isma’il ibn Ibrahim ibn al-Mughirah ibn Bardizbah. Lahir di Bukhara sekarang Uzbekistan, setelah salat Jum’at, 13 Shawal 194 Hijriah.

Kakek Imam Bukhari yang bernama Bardizbah beragama Majusi, sedang kakeknya yang bernama Ibrahim tidak jelas agamanya. Ayahnya Isma’il adalah ulama besar bidang hadist.   

Sejak usia 10 tahun, beliau banyak menghafal hadist. Imam Bukhari menginjak remaja sudah berhasul menghafal kitab Ibn Mubarak dan Waki’, serta memakai pendapat-pendapat ahli ra’yi, dasar-dasar dan aliran-alirannya.

Untuk mencari ilmu dan bertemu dengan ulama besar, Imam Bukhari banyak sekali melakukan perjalanan. Berbagai daerah seperti Khurasan, Bagdad, Damaskus, al-Quds dan al-Fusth, pernah menjadi tempat Imam Bukhari belajar.

Beberapa ulama besar yang menjadi guru Imam Bukhari ; Makky ibn Ibrahim, Abdullah ibn Usman al-Marwazy, Abdullah ibn Musa al-Abbasy, Abu Asim al-Shaibani dan Muhammad ibn Abdullah al- Ansari.

Karya beliau antara lain: Al-Jami’ Al-Sahih, Al-Adab Al-Mufrad, Al-Tarih Al-Saghir, Al- Tarih Al-Aswad, Al-Tarih Al-Kabir, Al-Tafsir Al-Kabir, Kitab Al-‘Ilal, Bir Al-Walidain, Kitab Al-Ashribah, Al-Qira’ah Khalf Al-Imam, Kitab Al-Duafa’, Asami Al-Sahabah, dan Kitab Al- Kuna.