Pengertian Taubat (Beserta Tanda dan Syarat Diterimanya Taubat )


Pengertian Taubat


Pengertian Taubat : Sebagian dari kita sudah mendengar kata taubat. Bahkan kita sering melakukannya (baca: taubat kepada Allah SWT), mulai dari karena dosa yang telah kita lakukan, sampai dengan menjadikan taubat menjadi bagian dari proses ibadah kita yang kurang sempurna. Tapi, tahukah anda pengertian taubat yang sesungguhnya.

Taubat adalah kata berasal dari bahasa Arab yang berarti “pulang” dan “kembali”. Sedangkan Taubat kepada Allah SWT adalah pulang kepada-Nya, kembali ke haribaan-Nya dari dosa dan kesalahan yang sudah dilakukan baik kepada Allah ataupun kepada makluk-Nya.

Terkait dengan pengertian taubat, banyak ulama yang menjabarkannya.

Pengertian Taubat Menurut Ulama (Ahli Agama)

Sahl bin Abdullah At Tasturi

Adalah menggantikan gerakan-gerakan yang tercela dengan gerakan-gerakan yang terpuji dan demikian itu tidak sempurna kecuali dengan menyendiri, diam, makan-makanan yang halal.


Tanda Tanda Taubat

1. Bergaul dengan orang-orang yang saleh dan menjauhkan diri dari teman-teman yang buruk.
2. Menjadi lebih baik setelah tobat dibanding sebelumnya.
3. Segera meninggalkan perbuatan dosannya dan melakukan ketaatan.
4. Orang yang bertaubat selaludisertai rasa takut kepada Allah, dan tidak pernah merasa aman dari azab Allah sekejappun.
5. Menjauhkan dunia dari hatinya dan mengarahkan diri ke akhirat.
6. Hatinya terjaga dari kelalaian yaitu selalu mengingat Allah sambil disertai penyesalan dan rasa takut, dan ini sesuai denagn besarnya kesalahan.


Syarat Diterimanya Tobat

1. Harus menghentikan maksiat.
2. Harus menyesal atas perbuatan yang telah terlanjur dilakukannya.
3. Niat bersungguh-sungguh tidak akan mengulangi perbuatan itu kemali. Dan apabila dosa itu ada hubungannya dengan hak manusia maka taubatnya ditambah dengan syarat keempat.
4. Menyelesaikan urusan dengan orang yang berhak dengan minta maaf atas kesalahannya atau mengembalikan apa yang harus dikembalikannya.