Pengertian Mukjizat Al-Qur’an


Pengertian Mukjizat Al-Qur’an


Pengertian MukjizatAl-Qur’an : Sekarang ini, klikkata.com sedang membahas hal-hal tentang mukjizat Al-Qur’an. Mari kita mulai dari pengertian mukjizatAl-Qur’an, lebih khususnya kata “mukjizat”, karena Al-Quran  secara istilah tim klikkata.com tidak menemukan ada perbedaan yang besar. 

Mukjizat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kejadian atau peristiwa ajaib yang sukar dijangkau oleh kemampuan akal manusia.

Dalam bahasa Arab, mukjizat berarti ketidakmampuan atau yang melemahkan musuh apabila ditantang.

Dengan bekal pengertian mukjizat secara bahasa di atas, definisi mukjizat secara umum dimaknai sebagai suatu hal atau peristiwa luar biasa yang terjadi melalui seseorang yang mengaku nabi, sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada orang-orang yang ragu, untuk melakukan atau mendatangkan hal serupa, tetapi mereka tidak mampu menyanggupi tantangan itu.

Pengertian Mukjizat Menurut Ulama (Para Ahli)

Said Agil Husain Al-Munawwar

Adalah suatu hal luar biasa yang diperlihatkan Allah melalui para Nabi dan Rasul-Nya, sebagai bukti atas kebenaran pengakuan kenabian dan kerasulannya.

Ibnu Khaldun

Adalah perbuatan-perbuatan yang tidak dapat ditiru oleh manusia.

Manna al-Qaththan

Adalah suatu kejadian yang keluar dari kebiasaan, disertai dengan unsur tantangan, dan tidak akan dapat ditandingi.


Macam-Macam Mukjizat

1. Mukjizat yang bersifat material indrawi yang tidak kekal.

2. Mukjizat immaterial, logis, dan dapat dibuktikan sepanjang masa.


Segi-Segi Kemukjizatan Al-Qur’an

1. Kemukjizatan Al-Qur’an dari Segi Kebahasaan

2. Kemukjizatan dari Segi Pemberitaan;

a. Pemberitaan Kisah-Kisah Masa Lalu

Salah satu kekuatan Al-Qur’an yang sekaligus menjadi mukjizatnya adalah pemaparan kisah-kisah lama yang sudah tidak hidup lagi dalam cerita-cerita rakyat Arab saat itu, dan tidak mungkin akan ditemukan secara keseluruhan dalam kajian-kajiankesejarahan.

B. Pemberitaan Peristiwa-Peristiwa yang Akan Terjadi di Masa Datang

Di samping mengangkat peristiwa-peristiwa silam lewat rangkaian kisah-kisah, Al-Qur’an juga mengungkapkan perstiwaperistiwa yang akan terjadi, baik di dunia maupun di akhirat nanti. Peristiwa-peristiwa yang digambarkan Al-Qur’anakan terjadi, dan beberapa telah terbukti dalam sejarah.

c. Isyarat-Isyarat Keilmuan/ Kemukjizatan Ilmiah

Selain memiliki kekuatan dalam segi kebahasaan dan pemberitaan, Al-Qur’an juga memperlihatkan keistimewaannya melalui ilustrasi-ilustrasi ajarannya yang memberi isyarat ke arah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.